Friday, March 26, 2010

Sense of Belonging or Sense of Ownership?

Selama ini pengusaha selalu mengagungkan slogan Sense of Belonging, padahal secara harafiah arti slogan tersebut adalah rasa dimiliki oleh perusahaan. Saatnya mengubah paradigma tersebut menjadi Sense of Ownership alias rasa memiliki perusahaan.

Tujuan orang bekerja adalah untuk memperoleh penghasilan. Uang atau penghasilan memang penting, tetapi tidak selamanya menjadi motivasi. Kalau uang atau penghasilan menjadi alasan utama karyawan bekerja ada kemungkinan ia akan menjadi pekerja pasif dan tidak memiliki semangat kerja yang tinggi.
Jika seorang karyawan memiliki rasa dimiliki perusahaan tentu ia tidak akan memiliki motivasi kerja yang tinggi karena hal tersebut memang sudah seharusnya. Namun, jika seorang karyawan mempunyai rasa memiliki perusahaan tentu ia akan menjaga perusahaan seperti miliknya sendiri, seperti menggunakan telepon dengan wajar dan bekerja untuk mencapai target maksimal.
Selamat menerapkan dan semoga menemukan semangat baru dalam bekerja yang belum pernah dirasakan sebelumnya.
(Disarikan dari Majalah HRD, Vol. I ed. 7, Februari 2003, hal. 8)

No comments:

Post a Comment